Bahan Skripsiku

Contoh Pengajuan Proposal Skripsi Saya (tapi sayang ditolak,,,wkwk)

  1. SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PADA PT. PS MAJU BERSAMA MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP 

    A.    Latar Belakang
    Sistem Pendukung Keputusan dalam dunia komputerisasi berkembang pesat. Dengan sistem ini manusia dapat memperoleh informasi dalam mendukung keputusan. Sistem Pendukung Keputusan atau dikenal dengan SPK merupakan bagian dari sistem informasi yang berbasis komputer. Terdapat beberapa tahapan dalam Sistem Pendukung Keputusan yaitu mendefinisikan masalah, pengumpulan data yang relevan yang sesuai, pengolahan data menjadi informasi, dan menentukan alternatif solusi. Sistem ini membantu mendukung dalam pengambilan keputusan pada seseorang dan organisasi baik perusahaan maupun instansi. SPK dapat memberikan alternatif solusi bila seseorang atau sekelompok orang sulit dalam menentukan keputusan yang tepat dan sesuai. Dengan SPK diharapkan dapat memberikan informasi yang nantinya akan memberikan alternatif solusi pada masalah yang terjadi. SPK memerlukan metode untuk mencari alternatif solusinya, beberapa metode yang dipakai dalam SPK adalah : Logika Fuzzy, Profile Matching, ANFIS, AHP dll.
    Pasar Swalayan Maju Bersama adalah suatu perusahaan swasta yang bergerak dibidang perdagangan  yang menjual barang –barang kebutuhan  sehari- hari  yang sudah memiliki banyak karyawan yang memiliki jabatan yang bervariasi. PT.PS Maju Bersama merupakan perusahaan besar yang sudah memiliki 8 cabang di Medan.
    Perusahaan ini dihadapkan pada kendala dalam bidang pengelolaan sumber daya manusia. Beberapa kendala tersebut antara lain : jumlah karyawan tetap yang dimiliki banyak, tidak memungkinkan untuk menghabiskan karyawan dengan jumlah yang besar karena akan menghabiskan dana yang banyak dan suasananya kurang kondusif, dan usia karyawan yang rata-rata sama sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan kaderisasi. Beberapa hal tersebut yang menyebabkan produktivitas karyawan rendah, sehingga usaha yang ada adalah memanfaatkan SDM yang ada. Salah satu contoh yang akan disorot dalam hal ini adalah cara pemilihan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang ada pada suatu jabatan tertentu, maka seandainya terdapat suatu jabatan pada bagian dari perusahaan membutuhkan untuk diisi karyawan atau biasanya dikatakan kosong, maka dalam hal ini yang bertugas untuk melakukan analisis terhadap karyawan-karyawan yang menurut perhitungan cocok dengan kriteria jabatan tersebut. Bidang ini merupakan tugas dari salah satu divisi dalam perusahaannya itu divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Sistem kompetensi ini merupakan salah satu pemecahan masalah bagi aset Sumber Daya Manusia dan terdapat pendeskripsian prestasi dan potensi sumber daya manusia sesuai unit kerjanya. Pencapaian prestasi karyawan dan potensinya dapat terlihat apakah kompetensinya tersebut telah sesuai dengan tugas pekerjaan yang dimilikinya. Masalah yang dihadapi pada saat ini oleh Divisi PSDM ini antara lain: yaitu karyawan yang dimiliki perusahaan tidak berada pada satu strore saja,tetapi berada pada 8 strore yang dimiliki perusahaan yang berada dalam pengawasan yang berbeda pula. Oleh karena itu, sulit untuk menentukan kriteria karyawan yang cocok untuk menempati posisi jabatan yang kosong tersebut. Selain itu, kriteria karyawan belum terorganisir dalam suatu database yang mudah untuk diakses jika dibutuhkan yang akan mengetahui bobot karyawan yang layak yang dilakukan dengan cara perangkingan karyawan. Proses seperti dikatakan tadi nantinya akan menghasilkan suatu grade dari beberapa kandidat, yang nantinya grade ini bisa menjadi dasar pemilihan karyawan untuk mengisi suatu jabatan yang sesuai. Keputusan terakhir masih terdapat pada pihak pimpinan perusahaan. Dalam Fuzzy AHP akan melakukan pengujian untuk melakukan perubahan jika terdapat kesalahan dan akan diuji lagi setelah dilakukan perubahan yang akan menentukan karyawan yang layak menempati posisi jabatan tersebut.
    Untuk itu perlu dirancang sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Fuzzy AHP, sehingga nantinya akan dapat menghasilkan suatu analisa yang efektif dan efisien. Hal inilah yang mendorong untuk mengadakan penelitian pada  PT.PS Maju Bersama dengan membuat sistem pendukung keputusan kenaikan jabatan karyawan berdasarkan penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan metodel Fuzzy AHP. Proses yang diharapkan dapat memberikan kemudahan-kemudahan dan mempercepat dalam pengambilan keputusan kenaikan jabatan berdasarkan penilaian kinerja karyawan.
    Oleh karena permasalahan-permasalahan tersebut, dibangunlah suatu aplikasi berupa sistem pendukung keputusan, sehingga dapat memberikan solusi dan diajukan sebagai tugas akhir dengan judul “Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Kenaikan Jabatan Pada PT. PS Maju Bersama Menggunakan Metode  Fuzzy AHP


    A.    Perumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, dapat diambil suatu
    perumusan masalah sebagai berikut :
    1.   Bagaimana pengolahan data kenaikan jabatan pada PT.PS Maju Bersama
    2.   Bagaimana menerapkan metode Fuzzy AHP dalam sistem pedukung keputusan pada PT.PS Maju Bersama
    3.   Bagaimana perancangan aplikasi Sistem Pendukung pengambilan Keputusan Kenaikan Jabatan  mengunakan bahasa pemograman.

    B.     Batasan masalah
     Adapun batasan masalah pada sistem pendukung keputusan ini adalah :
    1.      Data yang digunakan hanya dari Maju bersama marendal saja.
    2.      Sistem yang dibahas  hanya pada store Maju Bersama Marendal saja.
    3.      Perancangan dilakukan dengan Visual studio 2008. 

    C.    Tujuan penelitian 
     Sejalan dengan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
    1.      Untuk mengetahui pengolahan data kenaikan jabatan pada PT.PS Maju Bersama Marendal
    2.      Untuk menerapkan metode Fuzzy AHP dalam system pendukung keputusan PT.PS Maju Bersama Marendal
    3.      Untuk mengimplementasikan metode Fuzzy AHP pada Sistem Pendukung pengambilan Keputusan Kenaikan Jabatan  PT.PS Maju Bersama

    D.     Manfaat penelitian
     Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
    a.       Bagi perusahaan
    Sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam melakukan pengambilan keputusan pada kenaikan jabatan karyawan sehingga memudahkan perusahaan dalam melakukan untuk memilih karyawan yang cocok untuk menempati suatu jabatan yang kosong.
    b.      Bagi penulis
    1.      Pengetahuan dan wawasan umum penulis semakin bertambah tentang pengambilan keputusan kenaikan jabatan karyawan.
    2.      Sebagai sarana pengembangan dan penyaluran ilmu pengetahuan teoritis yang telah ditempuh pada saat di bangku kuliah.
    3.      Sebagai masukan dan pembelajaran dalam dunia kerja.

    c.       Bagi pengembangan ilmu pengetahuan
    1.       Diharapkan dapat menjadi bahan referensi, khususnya bagi pihak yang ingin melakukan penelitian yang berfokus pada kajian atau variabelnya yang sama.
    2.      Dapat mengetahui mengenai pengambilan keputusan kenaikan jabatan pada suatu perusahaan berdasarkan data yang singkat dan jelas.
    3.      Dapat menjadi bahan referensi atau gambaran untuk penelitian selanjutnya yang lebih mendalam.

    E.       Sistematika Penulisan
    Sistematika penulisan dalam Skripsi ini direncanakan sebagai berikut :
    BAB I : PENDAHULUAN
    Bab ini berisi tentang pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, tujuan, perumusan masalah, batasan masalah, metodologi, serta sistematika penulisan dari Tugas Akhir ini.
    BAB II : TINJAUAN UMUM  PT. PS MAJU BERSAMA MARENDAL
    Pada bab ini diuraikan secara teoritis hal-hal yang berhubungan dengan penyelesaian masalah pada tugas skripsi ini.
    BAB III : LANDASAN TEORITIS
    Bab ini membahas mengenai perancangan sistem, meliputi perancangan proses sistem, mempersiapkan data, dan memperkirakan hasil keluaran dari sistem. Pada tahap ini pula dijelaskan proses pembuatan sistem mulai dari awal hingga akhir.
    BAB IV : ANALISA DAN PERANCANGAN
    Bab ini berisi tentang pengujian dan analisa dari system yang telah dibangun. Pengujian aplikasi dilakukan untuk mengetahui kekurangan yang terdapat pada perangkat lunak. Analisa dilakukan untuk memperbaiki aplikasiapabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada program yang diperoleh
    BAB V :KESIMPULAN DAN SARAN
     Pada bab ini merupakan kesimpulan dari semua pembahasan yang ada dengan saran-       saran yang ditujukan bagi para pembaca atau pengembang.



    2. IMPLEMENTASI METODE SERVQUAL PADA TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KONSUMEN PT.PS MAJU BERSAMA


    A.    Latar Belakang
    Perkembangan dan persaingan  dalam era globalisasi pasar bebas seperti sekarang ini perusahaan berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan ini dengan memperbaiki sistem pelayanan, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan pelanggan. Perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang kebutuhan sehari-hari sangat banyak bermunculan di kota-kota besar demi mewujudkan keinginan konsumen yang membutuhkan sarana tempat perbelanjaan yang bersih dan tertib yang mempunyai kualitas pelayanan yang ramah sehingga konsumen merasa aman dan nyaman saat belanja. Oleh karena  itu, perusahaan harus dapat memperbaiki system pelayanan konsumen kearah yang lebih baik.
    Pasar  Swalayan Maju Bersama adalah suatu perusahaan besar  yang bergerak dibidang perdagangan  yang menjual barang –barang kebutuhan  sehari- hari  yang selalu memberikan pelayanan terbaik untuk kebutuhan konsumen.Pasar Swalayan Maju Bersama sudah berdiri 9 outlet di daerah Medan. Dengan adanya banyak outlet, maka diharapkan supaya lebih banyak orang mengenal dan  mengetahui tentang program penjualan yang telah diberikan pihak Pasar Swalayan Maju Bersama  kepada konsumen.
    Metode Servqual merupakan metode yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi, sehingga akan diperoleh nilai gap (kesenjangan) yang merupaka selisih antara persepsi konsumen terhadap layanan yang telah diterima dengan harapan terhadap yang akan diterima. Namun, secara umum memang belum ada keseragaman batasan tentang konsep Servive Quality (servqual).
    Meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk untuk memuaskan pelanggan merupakan salah satu hal yang menjadi tujuan bagi setiap perusahaan terlebih perusahaan perdagangan. Banyak produk yang didagangkan dengan berbagai macam jenis barang, kelengkapan barang,   kwalitas barang, harga yang ekonomis dan banyak promo barang dimana keseluruhan tersebut ditujukan untuk menarik minat pelanggan, sehingga konsumen cenderung akan melakukan aktivitas berbelanja. Oleh karena itu setiap perusahaan dituntut agar mampu menciptakan produk dengan spesifikasi yang terbaik agar kepuasan pelanggan dapat terpenuhi. Hal tersebut menuntut perusahaan – perusahaan untuk dapat merumuskan kembali strategi yang ditempuh untuk meningkatkan kemampuan bersaing dalam melayani konsumen. Usaha menciptakan dan mempertahankan pelanggan hendaknya menjadi prioritas utama bagi perusahaan. Strategi yang tepat dapat menarik pelanggan hendaknya disusun secara cermat, agar pelanggan mau membeli produk yang dihasilkan perusahaan. Lebih dari itu dengan segala kiatnya perusahaan juga harus berupaya agar pelanggan dapat menjadi setia terhadap produk tersebut. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang, ikatan ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama terhadap harapan pelanggan serta kebutuhannya. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dimana perusahaan memaksimumkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan.
                Bertolak dari latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka penulis akan mencoba untuk membahas lebih lanjut dalam bentuk penulisan skripsi dengan judul  “Implementasi Metode Servqual Pada Tingkat Kepuasan Pelayanan Konsumen PT.PS Maju Bersama”

    B.     Perumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, dapat diambil suatu perumusan masalah sebagai berikut :
    1.      Bagaimana mengetahui tingkat kepuasan pelayanan konsumen pada PT.PS Maju Bersama
    2.      Bagaimana menerapkan metode servqual pada tingkat kepuasan pelayanan konsumen PT.PS Maju Bersama
    3.      Bagaimana merancang implementasi metode servqual pada tingkat kepuasan pelayanan konsumen pada PT.PS Maju Bersama

    C.    Batasan masalah 
     Adapun batasan masalah  adalah :
    1.      Data yang digunakan hanya dari Maju bersama marendal saja
    2.      Sistem yang dibahas  hanya pada store Maju Bersama Marendal saja
    3.      Perancangan dilakukan dengan Visual studio 2008
                                                    
    D.    Tujuan penelitian
     Sejalan dengan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
    1.      Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan konsumen pada PT.PS Maju Bersama Marendal
    2.      Untuk menerapkan metode servqual pada tingkat kepuasan pelayanan konsumen PT.PS Maju Bersama Marendal
    3.      Untuk mengimplementasikan metode servqual pada tingkat kepuasan pelayanan konsumen pada PT.PS Maju Bersama

    E.      Manfaat penelitian 
     Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
    a.       Bagi perusahaan
    Sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam melakukan evaluasi terhadap strategi kualitas barang dan dan pelayan kepada konsumen sehingga dapat melakukan berbagai tindakan agar kinerja perusahaan menjadi lebih baik.

    b.      Bagi penulis
    1.      Pengetahuan dan wawasan umum penulis semakin bertambah mengenai Service Quality dan kualitas produk juga kepuasan pelanggan .
    2.      Sebagai sarana pengembangan dan penyaluran ilmu pengetahuan teoritis yang telah ditempuh pada saat di bangku kuliah.
    3.      Sebagai masukan dan pembelajaran dalam dunia kerja.

    c.       Bagi pengembangan ilmu pengetahuan
    1.       Diharapkan dapat menjadi bahan referensi, khususnya bagi pihak yang ingin melakukan penelitian yang berfokus pada kajian atau variabelnya yang sama.
    2.      Dapat mengetahui definisi serta pengaruh mengenai kualitas pelayanan, kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan.
    3.      Dapat menjadi bahan referensi atau gambaran untuk penelitian selanjutnya yang lebih mendalam.

    F.      Sistematika Penulisan
    Sistematika penulisan dalam Skripsi ini direncanakan sebagai berikut :
    BAB I : PENDAHULUAN
    Bab ini berisi tentang pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, tujuan, perumusan masalah, batasan masalah, metodologi, serta sistematika penulisan dari Tugas Akhir ini.
    BAB II : TINJAUAN UMUM  PT. PS MAJU BERSAMA MARENDAL
    Pada bab ini diuraikan secara teoritis hal-hal yang berhubungan dengan penyelesaian masalah pada tugas skripsi ini.
    BAB III : LANDASAN TEORITIS
    Bab ini membahas mengenai perancangan sistem, meliputi perancangan proses sistem, mempersiapkan data, dan memperkirakan hasil keluaran dari sistem. Pada tahap ini pula dijelaskan proses pembuatan sistem mulai dari awal hingga akhir.
    BAB IV : ANALISA DAN PERANCANGAN
    Bab ini berisi tentang pengujian dan analisa dari system yang telah dibangun. Pengujian aplikasi dilakukan untuk mengetahui kekurangan yang terdapat pada perangkat lunak. Analisa dilakukan untuk memperbaiki aplikasiapabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada program yang diperoleh
    BAB V :KESIMPULAN DAN SARAN
     Pada bab ini merupakan kesimpulan dari semua pembahasan yang ada dengan saran-       saran yang ditujukan bagi para pembaca atau pengembang.











0 Response to "Bahan Skripsiku"

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar ny ..dan berkomentar yang bagus ya....